Connect & Calibrate

2 langkah mudah mengubah monitor menjadi touchscreen.

Interaksi Lansung

Menulis, menggambar, memutar suara dan video secara langsung di layar. Belajar dan bermain.

Merekam Video

Semua aktifitas papan tulis interaktif, tulisan, gambar dan suara dapat direkam ke dalam video.
 

Wiimote Whiteboard

17 Feb 2014

Pada tahun 2007 yang lalu seorang mahasiswa Carnegie Mellon University bernama Johnny C. Lee mempublikasikan sebuah karya temuannya terkait papan tulis interaktif dan wiimote pada sebuah channel youtube. Seperti video yang ditampilkan di bawah ini, Johnny Lee mendemonstrasikan penggunaan wiimote (Nintendo Wii Remote) untuk mengubah layar komputer atau proyektor LCD menjadi papan tulis layar sentuh. Dengan peralatan tambahan pena inframerah dan software buatannya (Wiimote Whiteboard v.1.2) pria ini asyik berinteraksi dengan objek-objek pada layar komputer layaknya bermain tablet layar sentuh.
Penemuannya ini sangat luar biasa karena dalam jangka waktu
yang tidak terlalu lama hampir seluruh dunia mengetahuinya dan ikut mengembangkannya atau sekedar mencoba. Video presentasi Lee pada TED.com juga sangat menggemparkan dunia karena projek yang digarapnya itu dinyatakan sumber terbuka (open source). Salut untuk Johnny C. Lee.
Berikut akan saya coba gambarkan cara kerja Wiimote Whiteboard.

  1. Perangkat Wiimote dihubungkan dengan komputer melalui pairing jaringan Bluetooth.
  2. Wiimote diletakan pada meja atau diatas proyektor dengan ujung wiimote menghadap titik tengah layar. Jika lebar layar 1 m, maka jarak wiimote dari layar sekitar 1-1,5 meter.
  3. Software wiimote_whiteboad.exe dijalankan dan melakukan kalibrasi 4 titik.
  4. Kalibrasi dilakukan dengan menekan saklar pena inframerah pada posisi ujung pena berada di titik target yang dimunculkan di layar oleh proyektor.
  5. Setelah 4 titik selesai dikalibrasi, setiap nyala pena inframerah yang ada di daerah layar akan direspon oleh wiimote dan wiimote mengirimkan bit-bit informasi ke bluetooth komputer.
  6. Pada komputer, software menerjemahkan setiap nyala pena menjadi penggerak kursor agar tepat dengan koordinat. Nyala pena infra merah yang singkat akan diterjemahkan sebagai mouse klik, nyala yang lebih lama akan diterjemahkan sebagai mouse drag.
Pada software wiimote whiteboard versi Johnny Lee masih sangat sederhana fiturnya, tahun-tahun ini sudah mulai bermunculan software hasil pengembangannya yang lebih lengkap dan lebih praktis. Seperti Smoothboard, iWii, Qie-Apps, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, Wiimote whiteboard memang keren karena harga papan tulis layar sentuh yang lain harganya mencapai 10 juta, dan wiimote whiteboard hanya 1-2 juta.

0 komentar:

Posting Komentar

Produk kami

Produk kami
Multimedia Al Quran dalam bentuk video yang menampilkan ayat Al Quran dan terjemahan per-kata yang dilengkapi murottal oleh qori pilihan. Cocok untuk tahsin dan tahfidz.

Segera Terbit

Segera Terbit
Metode revolusioner cepat membaca Al Quran dengan multimedia interaktif.

Segera Terbit

Segera Terbit
Bimbingan Tilawah Digital ~ APLIKASI QIROAH ~